Kamis, 02 Agustus 2012

Outlook Akan Gantikan Hotmail


Hotmail adalah web gratis berbasis layanan email yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live. Salah satu layanan berbasis web email pertama, didirikan oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith dan diluncurkan pada bulan Juli 1996 sebagai "HoTMaiL". Menurut comScore (Juni 2012), Hotmail adalah yang terbesar di dunia layanan email berbasis web dengan 324 juta anggota.

Anda pengguna/mempunyai account di Hotmail? Anda perlu tahu ini, bahwa kemarin (01 Agustus 2012) Microsoft membuat satu langkah perubahan dengan menggabungkan Hotmail dan Outlook dalam satu layanan baru yang disebut Outlook. Microsoft menggunakan nama Outlook yang sebelumnya merupakan produk perangkat lunak email client milik Microsoft. Dengan nama tersebut Microsoft seperti mengkonfirmasi perubahan bisnis mereka dari desktop-based menjadi lebih kepada web-based.

Tampilan di Hotmail yang penuh dengan iklan, termasuk iklan video, tidak akan tampak pada Outlook ini. Outlook akan menawarkan tampilan yang lebih modern dan tentu saja lebih bersih.


CNet menyebut tampilan Outlook ini akan menggunakan tampilan yang dipakai oleh Windows 8 atau Windows Phone yaitu Metro Style dari mulai font yang digunakan, hingga fitur People Hub. Fitur People Hub merupakan buku alamat yang menyimpan berbagai informasi kontak seseorang mulai dari alamat email, Facebook, LinkedIn dan berbagai layanan lainnya. Jika seseorang yang namanya tercatat dalam People Hub tersebut mengirim email, secara cepat pengguna Outlook akan dapat melihat status Facebook atau kicauan Twitter terbaru dari pengirim email tersebut.


Keuntungan lainnya, pengguna Outlook juga dapat menggunakan produk Google lainnya seperti Microsoft Office (PowerPoint, Word dan Excel) dan SkyDrive. Jika GMail terintegrasi dengan Google Drive sebagai tempat menyimpan file, Outlook terintegrasi dengan SkyDrive untuk menyimpan file attachment seperti foto atau dokumen. Microsoft menjanjikan ruang penyimpanan yang disebut benar-benar tak terbatas untuk layanan Outlook ini. Pihak Microsoft juga mengatakan bahwa mereka sedang mengembangkan interface baru untuk pengguna handset agar Outlook ini tidak hanya menjadi monopoli pengguna PC saja.

Dalam Blog resminya, Microsoft mengatakan, “Kita tidak akan melakukan scanning terhadap isi account setiap pengguna Hotmail atau juga memata-matai apa saja aktifitas penggunanya ketika terhubung dengan salah satu jejaring sosial.”

Memang Microsoft tidak menghapus Hotmail secara frontal, namun nama Hotmail akan diganti dengan Outlook. Menurut Wall Street Journal, 350 juta pengguna aktif Hotmail akan memperoleh kesempatan pertama untuk beralih dari layanan Hotmail ke layanan Outlook. Mereka akan mendapatkan nama yang sama dengan nama Hotmail mereka, dan seluruh email yang dikirim ke alamat Hotmail mereka, nantinya akan dikirim ke alamat Outlook mereka yang baru. Masa preview ini dimulai dari Selasa kemarin waktu Amerika, sampai jangka waktu yang belum ditentukan.

Saran saya sih, segeralah merubahnya sebelum nama akun yang kamu inginkan sudah di-book oleh orang lain. Ada juga bisa mengakses outlook tersebut melalui smartphone atau tablet dengan iOS atau Android.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)