Minggu, 19 Agustus 2012

Mall Dengan Luas 50 Kali Lapangan Sepak Bola

Mal adalah jenis dari pusat perbelanjaan yang secara arsitektur berupa bangunan tertutup dengan suhu yang diatur dan memiliki jalur untuk berjalan jalan yang teratur sehingga berada di antara antar toko-toko kecil yang saling berhadapan.  Di dalam sebuah mal ada  lebih dari satu  penyewa besar (anchor tenant). 

Kalian pasti pernah atau bahkan sering banget ke mal kan? Apalagi yang cewek-cewek nih pasti sering banget ke mal untuk shopping. Banyak yang bisa dilakukan di mal, mulai dari belanja, makan, nonton, main, bahkan  hanya sekedar cuci mata saja, dll.

Bagaimana mal yang ada didaerah kalian? Apakah besar, luas, barang yang dijual bagus-bagus, dan asik untuk dikunjungi? Mungkin mal-mal yang ada di daerah kalian bisa dikatakan mal yang besar, tapi tahukah kalian mal terbesar yang ada di dunia?

The Dubai Mall - Yaa, The Dubai Mall merupakan pusat perbelanjaan raksasa yang luasnya mencapai 50 kali lapangan sepak bola. Mal ini juga diklaim sebagai pusat perbelanjaan terluas di dunia dengan lebih dari 1.200 tenant yang beroperasi di dalamnya. Dubai Mal berlokasi di DubaiUni Emirat Arab dan mulai dibuka untuk umum sejak akhir 2008 silam.


Dubai Mal telah mencatat lebih dari 60.000 tiket dijual untuk Aquarium Dubai dan Discovery Centre di lima hari pertama, setelah pembukaannya. Dubai Mal mampu menyedot puluhan juta pengunjung tiap tahunnya, pada tahun 2009 ada 37 juta pengunjung dan 750.000 pengunjung setiap minggu. Sementara pada tahun 2010 ada 47 juta, ada peningkatan jumlah pengunjung dari tahun 2009 meskipun saat itu sedang krisis ekonomi dan peningkatan tersebut diperkirakan sekitar 27 persen. Pada tahun 2011, Dubai Mal menjadi yang paling sering dikunjungi di dunia dengan tujuan belanja dan rekreasi, dan menarik lebih dari 54 juta pengunjung. Ada peningkatan jumlah pengunjung lagi dari tahun-tahun sebelumnya, peningkatan diperkirakan sekitar 15 persen dan melampaui 50.200.000 pengunjung ke New York City. Angka-angka juga melampaui kedatangan pengunjung ke semua tujuan rekreasi landmark dan taman hiburan di dunia termasuk Times Square (39,2 juta), Central Park (38 juta), dan Air Terjun Niagara (22,5 juta).

Menariknya, di mal ini kalian bisa melakukan apa saja yang diinginkan. Bagaimana tidak, selain memiliki toko-toko dalam jumlah yang banyak, Dubai Mal juga memiliki kompleks bioskop dengan 22 layar, klinik kesehatan dan salon, restoran, dan tempat bermain anak-anak. Tentunya tak hanya itu saja, akuarium terbesar di dunia, air terjun buatan, serta arena ski es berstandar Olimpiade, juga hadir di pusat perbelanjaan ini dan masih banyak lagi yang ada disini. Tak heran jika tempat belanja ini dijuluki sebagai mal raksasa di dunia.

Jika biasanya untuk menjelajahi sebuah mal kalian hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja, tapi ini tidak dengan Dubai Mal. Jangan pernah berharap kalian bisa melihat seluruh bagian Dubai Mal hanya dengan sekali kunjungan. Seandainya Anda hanya meluangkan waktu setengah jam saja di setiap toko, maka Anda membutuhnya waktu minimal 25 hari nonstop hanya untuk menjelajah toko-tokonya yang berjumlah seribu lebih di Dubai Mal tersebut!

Bagi Anda yang berniat mengunjungi The Dubai Mall, tapi waktu yang Anda miliki terbatas, prioritaskanlah tempat-tempat yang sangat menarik saja untuk dikunjungi. Apa saja tempat-tempat yang menarik itu? Berikut panduan singkatnya.

Dubai Aquarium and Under Water Zoo


Disini kalian bisa melihat kehidupan bawah laut melalui akuarium raksasa dan kalian dapat menyaksikannya dengan gratis. Pengunjung dapat melihat lebih dekat hewan-hewan laut tersebut melalui terowongan kaca yang telah tersedia. Ada sekitar lebih dari 33.000 hewan laut yang dipamerkan. Jika ingin menyelam, di sana Anda juga bisa melakukannya bersama ikan hiu. Pengunjung akan dimasukkan ke dalam kerangkeng besi lalu diletakkan di dalam akuarium. Fungsi kerangkeng ini yaitu untuk melindungi penyelam dari gigitan ikan hiu.

Dubai Ice Rink


Arena ski berstandar Olimpiade tersedia di The Dubai Mall. Ice rink ini merupakan lapangan es pertama yang hadir di kawasan Timur Tengah. Hadir dengan bantalan es setebal 1,5 inci, arena ski tersebut sama persis dengan lapangan ski yang digunakan oleh para atlet Olimpiade. Jika belum terbiasa, ada sesi khusus yang disajikan untuk pemula.


Oasis Fountain Waterfall
Air terjun buatan ini berdiameter 30 meter dengan ketinggian 24 meter. Ini adalah air terjun buatan terbesar yang berada di dalam mal. Lokasi air terjun ini ada di bagian Dubai Mall yang dipenuhi kafe-kafe dan restoran.

Candylicious
Dengan luas mencapai 10 ribu meter persegi, Candylicious adalah toko manisan yang terluas di dunia. Lokasinya tepat di depan Dubai Aquarium dan sangat mencolok mata karena warna-warna permen yang meriah. Berbagai macam permen, manisan, dan coklat tersedia di sini. Selain itu, di toko ini juga dijual aneka cnderamata unik yang terbuat dari permen dan coklat.

Selain tempat-tempat menarik di atas, The Dubai Mall berlokasi sangat dekat dengan gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa dan air mancur tertinggi di dunia Dubai Fountain. Jadi, hanya dengan sekali kunjungan, Anda bisa langsung melihat seluruh atraksi spektakuler di Dubai.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)