Minggu, 12 Agustus 2012

9 Cara Menyontek yang Sering Digunakan

Berikut ini ada 9 Cara Menyontek yang Sering Digunakan oleh pelajar pada saat ada tes atau pun ujian, silahkan disimak.. 


1. Memory External

Ini adalah cara yang paling sering digunakan karena sangat efektif. Cara ini menggunakan kertas kecil, sehingga memudahkan saat ingin melihat contekkan yang dibuat dikertas kecil tersebut. Dan tentunya menyontek dengan menggunakan cara ini tidaklah memiliki resiko yang terlalu besar. Mengapa? Kerena dengan ukuran kertas yang kecil, pergerakan saat mencontek tidaklah terlalu membuat guru curiga dan juga cukup mudah menghilangkan barang bukti jika guru curiga. 

2. Hardisk

Cara ini hanya digunakan oleh pelajar yang malas, malas belajar dan lebih parahnya juga malas bikin contekan, dan hanya dilakukan bagi mereka yang mempunyai nyali tinggi. Cara ini hanya bisa digunakan bagi mereka yang mempunyai laci meja. Menyontek dengan menggunakan cara ini sangat beresiko tinggi, mengapa beresiko tinggi? Karena harus membolak-balikkan halaman buku, menimbulkan suara dan pergerakan yang mencurigai sehingga tingkat kesulitan dan kegagalannya juga besar. Jika ketahuan gurupun sangatlah sulit menghilangkan jejak dan urusannya bisa panjang. Cara ini jarang digunakan bagi mereka yang duduk dipaling depan, kalaupun ada ya ini dilakukan bagi mereka mempunyai nyali yang sangat besar.

3. Sharing & Security

Nah cara yang satu ini adalah termasuk cara yang paling sering dilakukan di kelas saya. Dalam cara ini ada 2 tokoh yaitu server & client. Kelas bagaikan sebuah jaringan komputer. Server haruslah orang yang pintar, baik dan mau berbagii. Server bertugas membagi jawaban yang ia tahu kepada para client. Di dalam kelas haruslah terdapat banyak server untuk berbagai karena jika hanya mengandalkan 1 server, daya jangkaunya sangat sempit. Cara penyebaran jawaban bisa melalui sobekkan kertas, finger code (jika soal pilihan ganda), ataupun peer 2 peer (melalui percakapan tanpa suara). Cara ini tidak akan berjalan baik jika ada murid yang pelit/tukang ngibul. Cara ini butuh waktu yang cukup lama karena harus melewati beberapa tahapan yaitu, proses "upload" jawaban oleh server, "download" jawaban oleh client, dan proses penyebaran jawabannya. Cara ini dapat diaplikasikan untuk yang duduk depan. Resiko ketahuannya tergantung pada kekompakkan dan kekreatifan dalam menyebarkan dan menerima jawaban.

4. Cari di Internet

Cara ini bermodalkan hp & pulsa. Sebenarnya cara ini sama dengan cara no. 3, bedanya cuma teknologi yang dipakai lebih canggih dan modern. Resiko kegagalannya juga lumayan besar, apalagi kalau ketahuan hpnya bisa diambil guru dan urusannya bisa lebih panjang.

5. Spy Shot

Cara ini digunakan jika teman sebangku anda pelit. Anda harus mempunyai mata yang tajam dan harus bisa memanfaatkan waktu secepat mungkin untuk melakukannya. Cara ini kurang efektif karena biasanya orang yang pelit berusaha semaksimal mungkin untuk menyembunyikan jawabannya. Dia juga punya trik yang membuat anda tidak dapat melihat/meniru jawabannya.

6. Foto Kopi

Cara ini banyak digunakan oleh para pelajar yang malas membuat contekan. Biasanya mereka akan fotocopy buku cetak/catatan dengan ukuran yang diperkecil 30-40 kali.

7. Hi-Tech

Sekarang sudah jamannya teknologi, semua sudah terkomputerisasi dan begitupun dengan mencontek. Sebenarnya cara ini sama dengan cara no. 4, bedanya hanya cara ini tidak membutuhkan pulsa. Jaman sekarang mencontek dapat menggunakan alat-alat canggih seperti hp ataupun jam tangan, dll. Untuk soal matematika & eksak bisa menggunakan kaluklator hp dan mungkin bisa menggunakan jam tangan yang ada kalkulatornya. Untuk soal b.ing/bhs asing lainnya bisa menggunakan kamus di hp. Untuk soal hafalan bisa menggunakan notes di hp. Bahkan temen saya ada yang punya jam tangan yang bisa masukin contekan.

8. Cari Inspirasi di WC

Cara ini cara yang cukup ampuh jika kita sudah mentok dan nggak punya contekan. Anda harus menaruh buku/contekan lainnya di WC (tentunya ditempat yang tersembunyi). Jika Anda bener-benar sudah mentok, Anda bisa pergi ke WC untuk melihatnya. Jika menggunakan cara ini, janganlah beramai-ramai pergi ke WC karena akan membuat guru curiga. Tapi cara ini sudah banyak diketahui oleh guru-guru.

9. Ngebatik

Ngebatik adalah cara mencontek dengan media tangan ataupun meja. Cara ini adalah cara kuno namun cenderung efektif dan cukup aman. Cara ini bisa digunakan bagi yang duduk depan, namun harus dengan berhati-hari dan kewaspadaan.

Sekian postingan dari 9 Cara Menyontek yang Sering Digunakan. Ini hanya untuk sebagai pengetahuan saja, jangan ditiru dan dilakukan karena menyontek hanya mendapatkan kesenangan sesaat saja. Resiko yang ditimbulkan sangatlah besar jika kita ketahuan menyontek.

Jika kita rajin belajar, kita akan bisa tanpa harus menyontek dan kesenangan yang ditimbulkan tidak hanya sesaat saja. Dan tidak akan ada resiko yang merugikan kita, tidak seperti jika kita ketahuan menyontek.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)