Selasa, 31 Juli 2012

11 Bunga Terindah di Dunia

1. Bunga Sakura 
Bunga Sakura merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal April hingga akhir April. Pada saat mekar, pemandangan yang disajikan akan luar biasa. Warna yang paling indah dari bunga ini adalah putih dan pink. Bahkan pada saat jatuh dan terhampar di tanah, pemandangan yang disajikan oleh bunga ini akan sangat luar biasa. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan.



2. Bunga Canna
Bunga canna (bunga tasbih) merupakan bunga yang memiliki pesona keindahan luar biasa. Tanaman bunga ini biasanya tumbuh liar di hutan dan pegunungan. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Karena keindahannya bunga ini dijadikan bunga hias taman oleh masyarakat dan para kolektor bunga.

Tanaman bunga canna dapat tumbuh mencapai tinggi 2 meter dari permukaan tanah. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan. Buah yang dihasilkan berupa buah kendaga yang berbiji banyak dan berbentuk bulat.

3. Bunga Colorado Columbine
Bunga ini tumbuh di dataran tinggi Rocky Mountains, di atas ketinggian 14.000 kaki di atas tanah. Bunga ini akan menyapa anda begitu anda berhasil melewati ketinggian tersebut.

4. Bunga Hydrangea
Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daun berbentuk bulat telur, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau. Bunga berwarna putih pada sebagian besar spesies, tapi beberapa spesies terutama H. macrophylla mempunyai bunga yang bisa berwarna biru, merah, merah jambu, atau ungu bergantung pada tingkat pH tanah.

5. Bunga Lily of The Valley
Lily of the valley (Convallaria majalis) adalah bunga musim semi warna putih berukuran sangat kecil dengan bentuk menyerupai lonceng. Bunga bunganya biasanya berwarna putih walaupun kadang ada juga yang berwarna putih kemerah-mudaan. Kepercayaan, pancaran kebahagiaan dan kesucian adalah makna dari bunga mungil yang cantik ini.

6. Bunga Calla Lily
Bunga Calla Lily pada umumnya berwarna putih, tetapi tersedia juga dalam berbagai warna seperti kuning, merah, merah anggur, merah jambu, oranye dan bahkan ungu atau hitam kombinasi. Bunga Calla Lily adalah bunga yang sangat dikenal sebagai buket bunga pengantin. Ketika Calla Lily digunakan dalam pernikahan, pilihan yang biasa adalah putih karena sifatnya yang elegan dan simbolisme kesucian.

Bunga cantik ini mempesona dan elegan, tapi jangan salah, ternyata bunga ini sangat beracun dan dapat membunuh anak kecil atau bahkan sapi jika tertelan.

7. Bunga Black Eyed Susan
Bunga abadi yang selalu tampil ceria yang kontras dengan kelopak kuning dan bagian tengah yang gelap membuatnya tidak mudah untuk dilewati begitu saja. Tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh (antara bulan Juni-Agustus) di wilayah Amerika Utara. Bunga Black Eyed Susan digunakan sebagai simbol negara Maryland. Dapat digunakan untuk obat luka, terkena gigitan ular dan pembengkakan.

8. Bunga Bleeding Heart
Jika dilihat dari penampilannya, bunga ini memiliki bentuk yang unik. Berbentuk hati sewaktu kuncup dan membelah saat mekar sehingga terlihat seperti “hati yang patah”. Tanaman ini berasal dari Afrika Barat. Bunganya memiliki panjang 3-5 (1-2 inci), berwarna pink dengan kelopak putih di dalamnya. Daun campuran dengan daun kecil yang tumbuh berwarna hijau sekitar 3 kaki (0,9 meter). Akarnya memiliki buah hitam dengan biji hitam dengan garis oranye. Mereka bergantung secara horizontal. Biasanya muncul bulan April atau Mei.

9. Bunga Lantana
Bunga Lantana merupakan salah satu dari 150 spesies tanaman yang termasuk sebagai bunga abadi, berasal dari daerah tropis Amerika dan Afrika. Berupa semak dengan ketinggian pertumbuhan antara 0,5-2 m.

Daun pada bunga tembelek berbentuk delta dengan tulang daun menyirip, permukaan daunnya kasap, ujung daunnya runcing, tepi daunnya beringgit, pangkal daunnya rata, warna daunnya hijau. Batangnya berkayu, bercabang banyak, ranting berbentuk segi empat, berduri dan berambut.

10. Bunga Bluebells
Bunga Bluebell bernama latin Hyacinthoides non-scripta. Bluebell melambangkan keteguhan dan kebaikan hati. Panjang batangnya mecapi 10-30 cm. Saat masih kuncup berdiri tegak. Kalau sudah mekar, bunga Bluebell menunduk.

Hutan Bluebells yang indah seperti gambar diatas tidak hanya ada didongeng dongeng. Dimusim semi, banyak sekali hutan di Eropa yang tiba-tiba seakan memiliki karpet berwarna ungu karena mekarnya bunga bluebells. Bunga ini mekar sekitar bulan April dan Mei.

11. Bunga Mawar 
Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain.

Tidak hanya memiliki warna yang indah, aroma dari bunga ini sangatlah wangi dan bunga ini bisa menjadi simbol perasaan romantis.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)