Rabu, 15 Agustus 2012

10 Manfaat Menyontek

Menyontek ada manfaatnya? Kalau gitu harus sering-sering menyonteklah, kan bermanfaat. Mungkin ini yang akan ada dipikiran Anda setelah membaca judul dari postingan ini.

Menyontek adalah sesuatu yang sangat tidak dianjurkan bagi siapa saja, karena menyontek bisa menimbulkan banyak kerugian. Kerugian yang didapat bisa berupa hukuman, bisa juga membuat orang yang menyontek tersebut malu jika ketahuan, lebih parahnya bisa tidak naik kelas dan bisa juga di DO, masih banyak lagi kerugian yang bisa kita dapatkan. Walaupun mungkin ada juga keuntungannya tapi keuntungan tersebut hanya sementara. Mungkin dengan menyontek bisa mendapatkan nilai yang baik tapi nilai yang baik itu bukan dihasilkan dari kemampuan kita sendiri dan mungkin kita tidak mengerti sama sekali dengan apa yang telah kita buat sehingga menghasilkan nilai yang baik itu.



Kembali ke topik "Manfaat Menyontek", mungkin kalian tidak percaya dan bertanya-tanya "Benarkah menyontek adalah sebuah kegiatan yang bermanfaat? Lalu apa sebenarnya manfaat jika kita menyontek?"  

Setelah googling, Saya menemukan beberapa manfaat jika kita menyontek. Sedikitnya saya menemukan 10 manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan menyontek, ada manfaatnya juga bagi kesehatan. Walaupun mungkin manfaat ini hanya akal-akalan saja, tapi menarik juga untuk disimak.

Yuk, cari tahu apa saja 10 Manfaat Menyontek dibawah ini:
1. Menyontek dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian dalam mengambil resiko
Menyontek memiliki resiko dan konsekuensi, salah satunya adalah jika Anda ketahuan menyontek tentunya akan dimarahi/dihukum oleh Bapak atau Ibu Guru dan yang lebih parahnya kertas ulangan bisa dicabut serta diberi nilai NOL. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa orang-orang yang nyontek adalah mereka yang mau mengambil resiko.

2. Menyontek dapat meningkatkan kreatifitas
Mungkin kegiatan menyontek bukan sekedar kegiatan biasa tapi sebuah seni yang didalamnya memerlukan kreatifitas. Dan orang-orang yang sering nyontek adalah orang dengan kreatifitas yang tinggi. Perlu diletahui bahwa kemungkinan besar para Guru adalah orang-orang yang dulunya pernah menyontek. Jadi, tentunya mereka sudah tahu bagaimana kebiasaan murid dalam menyontek dan sudah punya penangkalnya. Karena itulah, diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk terus mengembangkan jurus-jurus nyontek yang ampuh. 

3. Menyontek dapat meningkatkan kewaspadaan
Dalam kegiatan menyontek, kewaspadaan merupakan faktor yang sangat penting. Karena Sang Guru akan seperti elang dengan matanya yang tajam, mengawasi dan siap menerkam siapa saja yang dicurigai atau ketahuan menyontek.

4. Menyontek dapat melatih kecepatan dan gerak reflek
Sebuah penelitian yang dilakukan entah oleh siapa, mengungkap fakta yang cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan bagi para contekers. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa 8 dari 10 conteker memiliki gerak reflek yang lebih baik dari mereka yang tidak pernah menyontek.


5. Menyontek dapat melatih kerjasama
Seiring dengan makin ketatnya ruang yang diberikan para guru untuk para conteker, maka kegiatan menyontek tidak lagi dilakukan secara individual. Sekarang ini para contekers sudah bisa melakukan kerjasama untuk tercapainya tujuan mereka. Bahkan sebelum melakukan kegiatan menyontek, terlebih dulu diadakan 'Briefing'. Menyusun strategi, membagi tugas, lalu berdoa bersama-sama.

7. Menyontek bisa mendapatkan nilai yang bagus
Seperti yang telah saya katakan di atas inilah keuntungan atau manfaat dari menyontek, dengan menyontek bisa mendapatkan nilai yang bagus tapi tetap ingat bahwa hasil yang kita dapat itu bukan dari kemampuan kita sendiri. Ini memang merupakan tujuan utama dalam kegiatan menyontek, bahkan orang yang menyontek bisa mendapat nilai yang lebih baik dari mereka yang belajar dan tidak menyontek.

8. Dengan menyontek dapat melincahkan otot mata karena harus melirik jawaban orang.

9. Dengan menyontek dapat melatih otot leher saat melihat kiri, kanan, depan, dan belakang atau dimana saja yang bisa yang bisa mendapatkan jawaban.

10. Menyontek dapat memperkuat ingatan karena harus menghapal jawaban teman yang kita contek.

Sekian artikel dari 10 Manfaat Menyontek. Saya tidak bermaksud menganjurkan kalian untuk menyontek, ini hanya sebagai pengetahuan untuk kalian yang pernah melakukan kegiatan menyontek dan mungkin kalian tidak tahu kalian telah merasakan manfaat itu. 

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Buset 😂😂😂

Unknown mengatakan...

Mantap

Unknown mengatakan...

Ettzz dah:v

Unknown mengatakan...

Hahaha

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)