Rabu, 24 Oktober 2012

Mengembalikan Folder/File yang Tersembunyi Dengan Menggunakan CMD

Saya Pernah Mengalami suatu kasus yang membuat saya kesal. Kasus yang saya alami adalah folder yang berisi file-file penting di flashdisk saya hilang. Saya tidak tahu kenapa folder tersebut bisa hilang, mungkin karena flashdisk saya terkena virus.

Karena sudah sering melihat ulah virus, saya pun mencoba untuk tenang dan berpikir bahwa folder tersebut tidak hilang, namun di hidden.

Saya mencoba untuk scan flashdisk saya tersebut dengan antivirus dan membersihkan virus yang ada di flashdisk saya tersebut. Setelah flashdisk saya tersebut di scan dan berhasil membersihkan virusnya, namun folder yang hilang tersebut tetap tidak tampak.

Saya pun mencoba cara lain, saya mencoba menampilkan file-file tersembunyi dengan cara: Organize > Folder and search options > View > Show hidden files, folders, and drivers. Tapi folder yang hilang tersebut tetap tidak ada.

Akhirnya saya mencoba lagi dengan cara yang lain, menggunakan CMD atau Command Prompt bawaan dari sistem operasi windows 7 yang saya gunakan. Dengan menggunakan CMD tersebut, akhirnya folder yang berisi file-file penting yang hilang tersebut dapat kembali.

Cara yang saya lakukan dengan menggunakan CMD tersebut tidaklah sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Mungkin jika ada diantara kalian yang membaca postingan ini dan mengalami kasus yang sama seperti saya, bisa mencoba cara seperti yang sudah saya lakukan. Jadi, langkah-langkah untuk Mengembalikan Folder/File yang Tersembunyi Dengan Menggunakan CMD adalah sebagai berikut:

  • Karena menggunakan CMD atau Command Prompt, yang pertama kali Anda lakukan adalah membuka CMD. Membuka CMD bisa dilakukan dengan cara Klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt. Bisa juga dengan cara tekan tombol Windows + R > ketik CMD > OK.
  • Jika CMD telah terbuka, selanjutnya ketik nama flashdisk Anda yang diikuti tanda : (titik dua).
Contohnya, jika flashdisk Anda *** (G:), maka ketik G: pada CMD.

  • Sekarang Anda berada di dalam drive flashdisk Anda, ketik dir; menjadi G:\>dir, kemudian tekan enter.

  • Lihat hasil yang keluar, apakah folder/file yang hilang sudah muncul? Jika belum, ketik lagi dir/a; menjadi G:\>dir/a kemudian tekan enter.
  • Lihat lagi hasil yang keluar, apakah folder/file yang hilang sudah muncul? Jika sudah, langkah selanjutnya adalah ketik attrib -s -h -r /s /d.
  • Tunggu beberapa detik proses pengembalian folder/file, setelah muncul drive flashdisk pada CMD Anda; G:\>, maka proses pengembalian folder/file telah selesai kemudian cek flashdisk Anda, dan file ada kembali. Selamat mencoba....:)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)