Sabtu, 27 Oktober 2012

8 Kata yang Sering Digunakan Saat Berbohong


Berbohong adalah jenis penipuan dalam bentuk pernyataan yang tidak benar, terutama dengan maksud untuk menipu orang lain, seringkali dengan niat lebih lanjut untuk menjaga rahasia atau reputasi, perasaan melindungi seseorang atau untuk menghindari hukuman atau tolakan untuk satu tindakan. 

Berbohong merupakan perbuatan tercela karena di samping merugikan orang lain juga dapat merugikan diri sendiri. Walaupun begitu, banyak orang yang berbohong, harus berbohong, terpaksa berbohong karena macam-macam alasan. Macam-macam alasan yang mendorong orang untuk melakukan kebohongan hanya karena sekedar iseng, untuk memperoleh kepentingan tertentu, dan karena takut dalam situasi terjepit.

Pakar pendeteksi kebohongan Janine Driver (penulis buku baru “You Can't Lie to Me”) akan memberi kita tips untuk mengetahui kata-kata yang sering digunakan saat berbohong. Menurut Janine, berikut 8 Kata yang Sering Digunakan Saat Berbohong kepada orang lan..

"Pergi"
Perhatikan betul kata yang dia gunakan dalam menjelasan sesuatu. Ada perbedaan antara “Aku pergi dari bar jam enam” dan “Aku pulang ke rumah jam enam”. Itu mungkin ada kaitannya dengan keinginannya untuk "pergi" dari kebohongan itu.

"Tidak pernah"
Harus mulai waspada ketika dia menggunakan "tidak pernah" padahal dia hanya tinggal bilang "tidak." Itu tanda dia menyenangkan Anda secara berlebihan. Contohnya ketika Anda bertanya, "Kamu perhatikan bokong gadis itu tidak?" dan dia jawab "Tidak pernah!"

"Itu"

Sama seperti “tidak pernah”, kata ini tergantung dari bagaimana dia menggunakannya. Jika dia meletakkan "itu" di depan kata benda, seperti "wanita itu" atau "uang itu," dia menggunakannya secara tidak sadar untuk menjauhkan diri dari kata tersebut. Ini trik umum yang digunakan manipulator.

"Tidak akan pernah"
Jika dia melewati kata "tidak" dan langsung mengatakan "Aku tidak akan pernah melakukan hal seperti itu!" ketika berbicara tentang kejadian di masa lalu, berhati-hatilah. Contohnya, "Apa kamu masih berbicara dengan mantanmu?" lalu dia jawab "Aku tidak akan pernah melakukan hal itu kepadamu!" penggunaan "tidak akan pernah" menunjukkan dia merencanakan untuk melakukan sebaliknya dalam waktu dekat.

"Ya, nona."
Jika dia tiba-tiba memanggil Anda nona (atau panggilan formal lain), waspadalah. Itu tanda-tanda dia tahu sedang berada dalam masalah.

"Ngomong-ngomong.."
Pembohong menggunakan kata itu untuk meminimalkan apa yang mereka katakan selanjutnya, tapi biasanya itulah inti dari ceritanya. Perhatikan baik-baik apa yang dia utarakan setelah kata itu.

"Tapi"
Pembohong biasanya mencoba ini untuk mengecilkan apa yang mereka katakan, jadi perhatikan bila dia mengatakan sesuatu seperti, "Aku tahu ini mungkin akan terdengar aneh, tapi..." atau "Aku tahu kamu kira aku berbohong, tapi..."

"Kenapa pula aku ingin melakukannya?"
Itu taktik mengulur waktu favorit para pembohong, supaya mereka bisa memiliki sedikit kesempatan untuk memikirkan yang dikatakan selanjutnya. Kata-kata ini juga bisa digunakan: "Memangnya kamu pikir aku orang seperti apa?" atau "Apa kamu menyebutku pembohong?" dan "Aku tahu kamu pasti akan bertanya seperti itu!"

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)