Sabtu, 20 Oktober 2012

10 Ikan Prasejarah yang Masih Ada Hingga Sekarang

10. Hagfish


Menurut catatan fosil, hagfish telah ada selama lebih dari 300 juta tahun. Itu tandanya mereka sudah ada ketika dinosaurus mengambil alih dunia. Binatang ini dapat ditemukan di perairan yang relatif dalam, binatang ini kadang-kadang disebut belut lendir, tetapi mereka tidak benar-benar belut dan sebenarnya mereka bahkan mungkin tidak ikan sama sekali. Menurut beberapa ilmuwan, mereka adalah hewan yang sangat aneh dalam semua hal. Mereka memiliki tengkorak tetapi tidak memiliki tulang belakang dan mereka memiliki dua otak.

9. Lancetfish


Dengan gigi yang tampak sengit tajam pada rahang dan layar di punggungnya, lancetfish memiliki penampilan yang sangat jelas sebagai "ikan prasejarah". Nama ilmiahnya memiliki bunyi layaknya nama dinosaurus (Alepisaurus ferox). 
Predator ini ditemukan di semua samudra, kecuali untuk daerah kutub. Sangat rakus, biasanya memakan ikan kecil dan cumi-cumi dan bahkan dikenal sebagai ikan atau predator yang memakan kawannya sendiri.

8. Arwana


Ikan Arwana yang biasa dijadikan ikan hias, tenyata adalah ikan yang telah ada pada zaman prasejarah. Ikan ini sudah ada pada periode Jurassic. Kadang ikan Arwana juga disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis (mungkin bagi Anda yang suka ikan hias, ikan ini pasti ada pada list Anda). 
Ikan Arwana dapat ditemukan di Amazon dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia. Arwana adalah predator rakus yang memakan binatang kecil yang dapat mereka tangkap, termasuk burung dan kelelawar akan dimakannya (mereka bisa melompat hingga 2 meter ke udara).

7. Frilled Shark


Predator ini hidup dilaut dalam, salah satu hiu yang paling primitif yang masih hidup sampai sekarang. Frilled Shark adalah peninggalan dari periode Cretaceous. Hiu ini dapat tumbuh hingga 2 meter, makanan mereka sebagian besar adalah cumi-cumi.

6. Sturgeon


Ikan ini sudah ada di awal zaman Jurassic, sturgeon sudah dikenal sebagai salah satu sumber utama kaviar (yang terbuat dari telur atau telur massa). Karena penangkapan yang berlebihan, ikan lapis baja nan megah ini sangat terancam populasinya saat ini.
Spesies sturgeon terbesar dapat tumbuh hingga 6 meter, sama besar dengan hiu putih. Meskipun mereka begitu besar, mereka tidak mengancam manusia, malah diburu dan disakiti, dan bahkan dibunuh oleh orang-orang yang tidak bertanggung Jawab.

5. Arapaima


Arapaima adalah kerabat dekat dari arwana , Arapaima Amazon kadang-kadang dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut deskripsi awal, ikan ini bisa tumbuh sampai dengan 4,5 meter, tetapi sekarang ini ikan sebesar itu jarang ditemukan dan Arapaima dewasa sekarang ini paling hanya berkisar rata-rata 2 meter. 
Arapaima yang muncul dalam periode Miosen, memiliki banyak keluarga tua, Osteoglossidae, dan karena itu asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke usia dinosaurus.

4. Sawfish


Hewan ini adalah korban dari periode Cretaceous. Dapat ditemukan baik di laut atau di sungai dan anak sungai, dan telah ditemukan hingga 100 km pedalaman. Dengan panjang Hingga 7 meter. "Gergaji" mereka merupakan senjata dan organ sensorik, ditutupi pada elektro-sensitif pori-pori yang memungkinkan untuk merasakan mangsa walaupun penglihatan yang amat sulit sekalipun. Meskipun biasanya baik, ikan hiu todak bisa menjadi sangat berbahaya jika diganggu.

3. Alligator Gar


Ikan ini adalah predator hebat yang bersisik tebal, ditemukan di AS selatan dan utara dan timur Meksiko. Menjadi ikan air tawar terbesar di Amerika Utara (meskipun kadang-kadang mengembara ke laut). Ikan ini dapat tumbuh hingga 4 meter, panjangnya dan berat sampai 200kg. Aligator gar, disebut demikian karena penampilan mereka seperti reptil dan mempunyai rahang panjang, bersenjata dengan dua baris gigi tajam. Gars adalah salah satu dari ikan tertua yang hidup saat ini, asal mereka dapat ditelusuri kembali ke masa Cretaceous.

2. Polypterus Senegalus


Ikan Africa ini sering disebut belut dinosaurus, karena penampilan mereka seperti reptil dengan sirip punggung bergerigi
, mengingatkan pada beberapa dinosaurus yang pungunggnya berduri

Mereka tidak benar-benar belut, tetapi anggota keluarga bichir. Mereka bisa bertahan keluar dari air untuk jangka waktu yang lama selama kulit mereka tetap basah.

1. Coelacanth


Coelacanth adalah yang paling terkenal dari semua "fosil hidup" dan pantas menjadi no. 1 dalam daftar ini, karena ini adalah contoh terbaik dari takson Lazarus. Ini adalah hewan yang seharusnya sudah lama punah. Ikan ini seharusnya telah punah pada periode Cretaceous bersama dengan dinosaurus, tetapi pada tahun 1938, sebuah spesimen hidup tertangkap di Afrika Selatan. Sejak itu, diteliti lebih banyak spesimen telah dilihat dan difoto, dan spesies Coelacanth kedua bahkan ditemukan di Indonesia pada tahun 1999. Ikan ini adalah predator besar dengan panjang mencapai 2 meter. Mereka memakan ikan yang lebih kecil, termasuk hiu kecil, dan biasanya ditemukan di dalam perairan gelap. Meskipun jarang ditangkap dan dikonsumsi karena rasanya yang tidak enak, raja ikan laut ini sangat terancam populasinya.




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)