Rabu, 26 September 2012

10 Penyebab Hard Disk Cepat Rusak



Banyak user yang teledor dalam perawatan dan penggunaan hard disk, berawal dari ketidaktahuan dan berujung pada kerusakan fatal. Hard disk rusak masih menjadi problem klasik dan berkepanjangan. Anehnya, sering kali user menyalahkan vendor yang tidak becus dalam memproduksi suatu barang. Pernyataan ini tidak bisa dibenarkan karena hampir 85% faktor kerusakan disebabkan oleh perlakuan user sendiri. 

Sekarang saya akan sedikit berbagii untuk membangun pengetahuan Anda penyebab hard disk cepat rusak, sehingga resiko kerusakan bisa diminimalisir.

Berikut ini ada 10 Penyebab Hard Disk Cepat Rusak, silahkan disimak dan pahami untuk membangun pengetahuan Anda.

  1. Penggunakan komputer terlalu lama dan minimnya pendingin, sehingga hard disk menjadi panas dan komponen lemah dan mudah rusak.

  2. Sering memutar musik dan video dari hard disk sehingga mengakibatkan head akan membaca track-track hard disk secara terus menerus. Logikanya, jika suatu barang sering beraktifitas maka kualitasnya akan menurun.

  3. Ketika hard disk aktif bekerja akan sangat berbahaya bila terjadi goncangan atau getaran yang dapat mengakibatkan hard disk bad sector atau rusak karena terjadi gesekan pada komponen platter dan track. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan melakukan aktifitas (laptop keadaan aktif) saat berada dalam ruang atau tempat tidak stabil karena akan mengganggu signal digital.

  4. Kondisi tegangan listrik yang tidak normal dapat mengakibatkan kerusakan hard disk. Bukan hanya listrik padam saja, melainkan stabilitas dari listrik juga sangat berpengaruh. Saat listrik tidak stabil, sangat tidak disarankan untuk memaksa laptop dan komputer tetap beraktifitas atau bisa dengan alternatif menggunakan UPS untuk menghindari gangguan listrik. Jika listrik sudah padam, lepas kabel power atau adapter charge dari stecker kemudian pasang lagi untuk netralisasi tegangan.

  5. Hard disk yang tidak dirawat, dimana tidak dibuang file sampah mengakibatkan file tidak terusun rapi sehingga file saling menimpa serta head hard disk membaca secara acak karena susunan file tidak tertata rapi, juga dapat mengakibatkan bad sector pada hard disk.

  6. Gaming adalah sama dengan aktifitas merusak hard disk. Saat memainkan game, maka biasanya game akan menyediakan sebuah file sebagai data proses dari game dan selama memainkan game tersebut. Indikator (lampu) hard disk akan bekerja ektra keras, akibatnya hard disk menjadi cepat panas dan panas adalah faktor utama penyebab kerusakan hard disk.

  7. Bagi pengguna laptop, sangat tidak disarankan untuk membawa atau menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby karena dapat merusak hard disk. Posisi tersebut sebenarnya masih dalam keadaan aktif, jika terjadi gerakan atau goncangan maka akan mengganggu signal digital hard disk.

  8. Mematikan secara paksa dan tidak sesuai prosedur juga dapat mengancam sekaligus mengurangi umur hard disk. Misalnya dengan menekan tombol power atau menggunakan aplikasi fast shutdown yang pada dasarnya tidak sesuai standart.

  9. Sering melakukan instal dan uninstal software juga dapat mengurangi umur hard disk, termasuk instal ulang operating system. Jika tidak terlalu urgen, tidak perlu melakukan instal ulang.

  10. Over defragment pada dasarnya sangat berbahaya untuk hard disk, disarankan untuk melakukan hard disk ketika hard disk mengalami penurunan performa atau paling tidak 2 bulan sekali.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab-penyebab hard disk cepat rusak, ada sekitar 10 Penyebab Hard Disk Cepat Rusak yang kerusakan disebabkan oleh perlakuan user sendiri. Semoga dengan postigan berikut ini membuat kita sadar dan bisa lebih waspada dalam memperlakukan hard disk, sehingga bisa meminimalisir banyaknya kasus hard disk yang rusak.

2 komentar:

Dwi Santoso mengatakan...

Kalau begitu, tidak usah pakai HDD.
HDD yang biasa memang masih memakai cakram sebagai media penyimpan data. Tentu saja cakram harus diputar supaya aktivitas baca tulis data berlangsung normal

Karena cakram tersebut tidak boleh bergesekan dengan bagian lain dari HDD maka panas yang ditimbulkan oleh unit HDD praktis berasal dari sirkuit pengendali. Panas inilah yang harus dibuang oleh Internal Cooling System dan/atau External Cooling System

Sebagian besar saran Anda membuat orang awam takut memakai komputernya dalam waktu yang lama walaupun kondisi udara yang dingin dan sirkulasinya baik.

Defragmentasi terlalu sering memang tidak baik dan tidak dianjurkan karena membutuhkan waktu yang lama, apalagi HDD di masa kini sudah berkapasitas lebih dari 200 GB. Biasakanlah melakukan defragmentasi bila fragmentasi sudah lebih dari 40%

Used PC Exporter mengatakan...

Nice Blog Post !

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)