Selasa, 08 Mei 2012

Pentingnya Menjaga Kebersihan Keyboard Komputer


Tahukah Kamu bahwa keyboard komputer dapat menjadi sarang kuman pembawa penyakit. Penelitian di Inggris menyebutkan beberapa keyboard di sebuah perkantoran di London menyimpan kuman lima kali lebih banyak dari kamar kecil Wow...

Ahli mikrobiologi Inggris, Prof.Hugh Pennington mengatakan bahwa dari kain-kain dan spon pembersih keyboard komputer ditemukan beragam jenis bakteri berbahaya seperti escherichia coli dan bakteri coliform yang dapat menyebabkan diare atau keracunan. Terdapat pula bakteri staphylococcus aureus yang mampu menyebabkan beragam infeksi kulit hingga radang paru-paru atau pneumonia. Bahkan ada keluarga bakteri jenis super kuman MRSA dan MSSA yang mengalami mutasi dan tahap antibiotik.

Riset di banyak rumah sakit menunjukkan satu di antara 5 keyboard dalam ruangan perawatan pasien terinfeksi MRSA. Untuk itu, Prof. Pennington menyarankan keyboard perlu dijemur di bawah sinar matahari karena bakteri tidak tahan radiasi ultraviolet atau kondisi kering yang akan cepat membunuhnya.

Sedangkan ahli mikrobiologi dari Kingmoor Technical Services, James Francis menemukan 4 jenis bakteri berbeda, sehingga ia menyarankan agar keyboard selalu dibersihkan secara rutin supaya tidak menimbulkan resiko kesehatan.   

Bakteri yang bisa terlihat dengan mikroskop mudah menyelinap di sela-sela keyboard komputer. Kebiasaan makan di meja kerja, cipratan makanan yang menempel pada keyboard memicu pertumbuhan bakteri. Debu juga dapat menjadi biang penyakit dalam kelembaban akibat AC, sehingga sangat kondusif bagi pengembangbiakan berbagai kuman.

Prof. Pennington menuding masalah terbesar kebangkitan bakteri di keyboard kebanyakan karena orang tidak mencuci tangan dengan benar setelah pergi ke kamar kecil atau karena orang suka mengupil ketika bekerja. Nah, mulai sekarang tentu kamu dapat lebih bijaksana lagi dalam memperlakukan keyboard yang kamu gunakan. Hal ini demi kesehatan sebagai pengguna komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)