Rabu, 07 Maret 2012

Jenis Kejahatan Dunia Maya

Beberapa jenis kejahatan dunia maya dapat kamu cermati pada keterangan berikut.

a. Akses Tanpa Izin (Unauthorized Acces)
    Kejahatan jenis unauthorized acces dilakukan dengan memasuki komputer atau jaringan komputer tanpa izin. Pelaku kejahatan ini memanfaatkan kelemahan sistem keamanan komputer maupun jaringan komputer. Si penjahat menyusup ke komputer untuk mencuri data, melakukan sabotase, atau hanya sekadar menguji keahlian yang ia miliki. Pelaku penyusupan disebut cracker (criminal minder hacker). Jika si pelaku hanya menguji kemampuannya, dapat dikatakan bahwa pelaku ini tergolong hacker.  Sebagai catatan, jasa hacker sring digunakan oleh perusahaan pembuat program untuk menguji keamanan suatu program yang mereka buat. 

b. Illegal Contents
    Sesuai namanya, illegal contents (muatan ilegal) berarti muatan berupa data atau informasi asing yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan. Data atau informasi yang dimasukkan dapat berupa sesuatu yang tidak benar atau tidak sesuai dengan norma. Plaku kejahatan memasukkan data ini untuk menimbulkan kekacauan atau mencemarkan nama baik seseorang.

c. Cyber Spionase
    Spionase berarti mata-mata. Nah, cyber spionase (mata-mata dalam dunia maya) dilakukan untuk mengamati serta mencuri informasi rahasia suatu negara atau perusahaan.
Untuk menanggulangi cyber spionase, kamu dapat menggunakan software penangkal. Sebagai contoh, perhatikan tampilan Software Cyber Web Filter berikut.


d. Sabotase
    Bentuk kejahatan ini berusaha untuk menimbulkan gangguan, kerusakan, kehancuran data, kehancuran program, atau kehancuran jaringan komputer. Sabotase dapat dilakukan dengan menggunakan virus atau mengirimkan suatu sistem terganggu dan bahkan terhenti.

1) Denial of Service (DoS)
DoS menyerang kelangsungan kegiatan jasa di internet. Hal ini marak terjadi karena situs dalam internet sangat mungkin disalahgunakan. Pelaku kejahatan dapat membuat situs menjadi penu oleh data yang ia kirimkan. Akibatnya, situs tersebut sulit diakses pengguna.
2) Penyebaran Virus 
Virus adalah program atau software yang dapat menggandakan diri. Selain itu, virus juga dapat menempelkan diri dengan setiap software dalam komputer. Virus dapat menghilangkan data, mutasi mesin, hingga merusak jaringan. Pelaku kejahatan dapat mengirimkan virus melalui e-mail dan file yang diunduh (download) dari suatu situs.
Koneksi komputer yang terinfeksi virus biasanya berubah menjadi lambat, sistem atau software sering mati, atau komputer melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan perintah kita.

 

3) Penyebaran Worm
Worm adalah program yang dapat berjalan sendiri. Jenis program ini dapat berpindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan yang terhubung. Worm memperbanyak diri dengan cepat sehingga memori dalam komputer atau jaringan komputer menjadi penuh. Jika memori penuh, komputer tidak dapat menjalankan operasi dengan baik. Bahkan. mungkin pula komputer yang terkena worm sama sekali tidak dapat digunakan.


e. Phising
    Phising dilakukan untuk mengecoh korban sehingga si korban memberikan data ke dalam situs yang telah pelaku siapkan. Situs yang disediakan direkayasa sehingga menyerupai situs resmi milik perusahaan tertentu. Data pribadi yang diincar misalnya ID (identitas), password, dan nomor PIN. Selanjutnya aneka data pribadi tersebut digunakan pelaku kejahatan untuk kepentingan pribadi.

f. Carding
   Sesuai istilah yang diberikan, carding adalah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit. Pelaku kejahatan menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi. Identitas ini biasa dicuri pelaku ketika pemilik kartu kredit melakukan transaksi di internet.
Carding dilakukan saat pemilik kartu kredit sedang melakukan transaksi online. Dengan cara tertentu, [elaku kejahatan menembu jaringan komputer merekam data-data kartu kredit. Nah, dengan data kartu kredit inilah pelaku kejahatan melakukan transaksi untuk kepentingannya sendiri.

1 komentar:

blog info mengatakan...

"anda ingin domain .com .org .net .name .biz .info dengan harga 10x lipat lebih murah?
anda ingin yang banyak bonus?
anda tidak ingin ditipu?
ingin punya partner yang menguntungkan ?

sekarang bulakgo manajemen menjawab pertanyaan anda.

kini bulakgo menjual domain TLD hanya 5000 rupiah saja

apalagi ada program poin dan referer.
setiap pembelian 2 domain anda dapat 1 poin , 1 domain TLD gratis ,dpt disk space 1000000 mb ,dapat 1 domain gratisan ,webmaster dan wapmaster gratis ,serta bonus 500 rupiah

10 poin dapat pulsa 5000 rupiah
100 poin dapat 75000 rupiah
1000 dpt 1000000 rupiah

disini tidak ada sedikitpun unsur penipuan ataupun hack , karena kami daftar domain de intuit ,

kami tidak minta bayaran sebelum domain anda jadi

untuk yang berminat,anda dapat mengirim email ke gintangjuliyanti@gmail.com

buktikan sekarang juga 100% verified

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)