Minggu, 17 Juni 2012

Anak Jaman Dulu dan Anak Jaman Sekarang

Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perbedaan-perbedaan jaman dan itu terjadi juga dalam dunia Anak. Banyak sekali perubahan-perubahan anak dijaman sekarang, baik dalam perbuatan dan apa yang mereka mainkan. Katanya, kualitas pendidikan anak jaman sekarang lebih bagus ketimbang jaman dulu. Mungkin ada benarnya, tapi yakinkah anak jaman sekarang pada umumnya lebih kreatif dari anak jaman dulu? Kali ini saya akan berbagi sedikit fakta akan perubahan jaman dalam dunia anak.

Berikut perbedaan dunia anak jaman sekarang dan jaman dahulu:

Ini lagu anak-anak jaman dahulu, penyanyinya imut-imut dan lagunya juga memang lagu khusus anak-anak

dan ini nyanyian anak jaman sekarang..

1. Pemberian Susu Kepada Anak
Anak jaman dulu diberi asi oleh orang tuanya. Walaupun didepan umum ibu rela menyusui anaknya, mungkin banyak orang yang liatin tapi ibu tidak pernah malu demi anaknya. ASI punya nutrisi yang sangat baik untuk anak. Tentunya, ASI membuat anak dan bunda punya hubungan yang lebih erat. 


Jaman sekarang? Orang tua lebih memilih memberi susu formula untuk anaknya. Katanya sih gizinya lebih baik. Tapi sebenarnya alasan PRAKTIS menjadi faktor utama. 


2. Mengawasi dan Mengurus Anak
Anak jaman dulu sih selalu diawasi oleh orang tuanya, apa yang mereka lakukan dan kemana mereka pergi, sampai-sampai anak nonton Doraemon pun diliatin. Kalau belanja ke supermarket, anak digendong kalau gak dinaikin ke trolley belanjaan. Kadang suka bosen sih kemana-mana sama orang tua sampe SMA. Tapi coba anak sekarang? Dari kecil tidurnya sama baby sitter. Jalan-jalan sih sama orang tua, tapi digendongnya sama baby sitter, disuapin sama baby sitter, dan kalau 'pup' yang ngurus baby sitter. Masih SD udah dibiarin main sendiri ke mall. Lebih suka jalan sama temen-temen ketimbang keluarga. Miris deh...


3. Mainan Anak
Waktu masih bocah mainnya mainan tradisional, hobi manjat pohon. Ngorek-ngorek tanah terus dibikin rumah. 
Sekarang? Main tuh enakan ke game zone di mall. Pulang sekolah bukannya langsung kerumah tapi malah singgah ke rental PlayStation/Warnet. Banyak yang gak jajan demi main PlayStation/Warnet 1 atau 2 jam. 


Dulu kalau mau main pakenya ya karet gelang, gunduh, tamiya, gasing, congklak, yoyo, layangan, dll. Sekarang? Lebih punya nilai prestis kalau anak bocah pake BB dan iPad.


5. Tontonan Pagi 
Jaman dulu bangun pagi-pagi untuk nonton Doraemon, Power Rangers, Conan, Ninja Turtles, Dragon Ball, atau Bubu Chaca. Kadang sampai nyuruh orang tua untuk bangunin demi nonton film kartun, sampai besar pun tontonan tetap itu. Sekarang setel tipi langsung ada "LALA YEYEYE LALALA YEYEYE" menggema.  Dengarnya ya lagu-lagu cinta, gak pantes banget untuk anak-anak yang belum ngerti tentang cinta.


6. Teman
Anak jaman dulu, gak terlalu kenal socmed. Mainnya yah sama anak tetangga. Paling kalau berantem yang satu nangis terus ngadu sama emaknya. Jaman sekarang? Berantem di twitter, musuh-musuhan, kalau gak difollback malah ngambek, masih SD kerjanya twitteran mulu malah ngegalau. Oalah..


7. Penyalahgunaan
Anak jaman dulu yang pake behel dan kacamata, kemana-mana naik sepeda dibilang CUPU, CULUN, kayak BETTY LAFEA, KAMPUNGAN. Anak SMP sekarang, banyak yang seneng pake behel padahal giginya rapi. Pake kacamata ke sekolah padahal gak minus, punya low-rider atau fixie cuma buat pamer. Fungsi udah bergeser jadi gengsi coy!

8. IDOLA 

Dulu Idola = Ingin mengikuti 
Sekarang Idola = Ingin memiliki 

Maksudnya? Anak jaman dulu ngefans sama  artis, trus ingin bisa kayak mereka, bisa nyanyi, bisa nari, pinter di sekolah. Kalau sekarang? Anak SD ngefans sama Justin Bieber dan terobsesi jadi pacarnya. Ada konser tapi gak punya uang untuk beli tiket/gak dibolehin orang tua nangis-nangis gak mau  makan. Bisa nonton konsernya tapi gak bia megang dia, mewek-mewek deh di twitter. Harus gue bilang WOW gitu?


Gak selamanya teknologi dan perkembangan jaman bikin anak-anak jadi lebih baik. Emang sih, banyak juga anak kecil berprestasi berkat teknologi. Tapi gak dikit juga anak yang terkontaminasi bahkan terjerumus hal-hal negatif. 
Anak SD rame-rame ke warnet yang dicari "JUPE SEKSI". Masih SMP udah galau-galau  gak bisa move-on di twitter. Pas SMA pake DSLR biar dicap gahol digantung-gantung mulu di leher pas jalan-jalan ke mall. Hadoh, sampe sekarang pun saya gak terpikir buat pake fixie kalau cuma buat gegayaan doang.

Saya  menguraikan beberapa hal utama soal pergeseran ini, simak dulu.
  • Perkembangan jaman membuat orang tua ingin segalanya semakin praktis. Kenapa? Sibuk nyari duit, jalanan makin hari makin macet dan gak sempat ngurusin hal-hal kecil.
  • Perkembangan jaman makin buat duit adalah dewa (gak punya duit, ke laut aja lu). Sampai kadang anak yang terlahir dari keluarga sangat sederhana pun pengen ikut-ikutan bergaya mewah karena lingkungannya.
  • Perkembangan jaman membuat kesadaran belajar anak menurun. Jaman dulu, orang tua nyuruh sekali aja langsung ngambil buku dan belajar. Jaman sekarang? Bentar lagi, nonton FTV dulu.
  • Perkembangan jaman ngebuat dewasa bukan lagi berandai "Andai aku jadi pilot" tapi, ingin dewasa sebelum waktunya. Anak SD jaman dulu nyobain lipstik cuman buat centil-centilan, anak SD jaman sekarang udah banyak yang gak bisa lepas dari bedak dan lipgloss.
  • Perkembangan jaman membuat budaya dan etika semakin luntur. Kenakalan remaja yang dulunya terselubung, kini semakin marak diunggah dan dikonsumsi di era informatika ini. Permainan tradisional tergantikan dengan game di internet. Memperingati hari Kartini dianggap norak dan kamseupay.

Kalian yang baca ini yang punya adek jagalah adek kalian. Awasi perkembangan mereka. Kalau kalian yang baca ini adalah orang tua, berikan mereka bimbingan sejak dini. Dan buat semua calon orang tua, jadiin ini pembelajaran. Mungkin gak banyak orang yang peduli hal seperti ini, bahkan terkesan menyepelekan. Sangat disayangkan, padahal ini bisa jadi masalah yang semakin serius di Indonesia, dan  saya peduli akan itu. saya selalu percaya pepatah "SEMUA AKAN INDAH PADA WAKTUNYA" begitupula proses yang seharusnya dinikmati setiap anak. Kalau saya neliti lebih jauh dan saya tulisin lebih detail lagi, jadinya bukan postingan blog, tapi SKRIPSISo, segini dulu tulisan saya. Oia, satu lagi, dulu cinta itu tabu, sekarang cinta itu diumbar! Seperti artis duta move-on Indonesia yang tak perlu disebutkan namanya. HIDUP FAKIR ASMARA! *yeah...

Sumber

2 komentar:

yeca mengatakan...

bener banget tuh, aku yang hidup sebagai remaja di era perubahan zaman seperti ini ngerasaain banget perbedaan ituh !

Unknown mengatakan...

iya, semoga kamu tidak menjadi bagian dari orang-orang yang mengalami perubahan ke arah yang negatif/tidak baik :)

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)