Senin, 13 Juli 2015

Prototype Detektor Asap


Dalam kehidupan sehari-hari, rumah atau gedung menjadi tempat hunian dan aktivitas sehingga rumah atau gedung haruslah relatif aman. Bencana mungkin saja terjadi tanpa diketahui kapan terjadinya. Salah satu bencana yang sering terjadi yang melibatkan tempat hunian dan aktivitas ini adalah kebakaran. Bila terjadi kebakan akan dapat menimbulkan korban baik manusia, dokumen-dokumen penting, maupun harta benda.

Salah satu penyebab terjadinya kebakaran adalah kurangnya sistem keamanan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Untuk itu saya mencoba membuat sebuah sistem sederhana yang bisa mencegah terjadinya kebakaran.

Saya membuat sebuah alat detektor asap, alat ini berupa alarm untuk mendeteksi adanya asap akibat kebakaran pada sebuah ruangan rumah atau gedung. Asap adalah suspensi partikel kecil di udara (aerosol) yang berasal dari suatu pembakaran. Munculnya asap bisa dijadikan pertanda adanya api.  Jadi dapat disimpulkan, dengan mengetahui adanya asap kita pun bisa mengetahui kehadiran api.

Dengan mengetahui lebih awal kehadiran api, kita pun akan lebih mudah memadamkannya dan mencegah timbulnya korban manusia, dokumen-dokumen penting dan harta benda, serta dapat mengurangi tingginya frekuensi kebakaran di sekitar kita, terutama kebakaran dalam rumah.

Skema Rangkaian:

Daftar Komponen:

     •  LDR
     •  LED
     •  Baterai
     •  Trimpot 100K (2 buah)
     •  Transistor BC 107
     •  Dioda 1N4007 (2 buah)
     •  IC 7805
     •  IC UM66
     •  IC TDA 2002
     •  Elco 470uF
     •  Elco 1000uF
     •  Resistor 220 ohm
     •  Resistor2,2 ohm
     •  Buzzer

Prinsip Kerja:

Detektor asap berfungsi untuk mendeteksi asap dalam sebuah ruangan, tingkat kepekatan asap dalam suatu ruangan tersebut dideteksi sebagai indikasi kebakaran. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan asap adalah LDR yang dirangkai berhadapan dengan LED.

Sensor LDR ( Light Dependent Resistor ) adalah salah satu jenis resistor yang dapat mengalami perubahan resistansi apabila mengalami perubahan intensitas cahaya yang diterima.

Dalam keadaan normal (tidak ada asap), cahaya LED akan ditangkap sepenuhnya oleh LDR, sehingga resistansi LDR rendah. Hal ini menyebabkan arus mengalir melalui LDR. Lalu ketika asap menghalangi pancaran cahaya LED, resistansi LDR akan tinggi dan tengangan tidak dapat mengalir melalui LDR. Sehingga pada saat timbulnya asap dari kebakaran, intensitas cahaya yang diterima oleh LDR rendah dan akhirnya LDR memicu sistem rangkaian dan mengaktifkan alarm.

3 komentar:

Blog27999 mengatakan...

Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

Well over 160 000 women and men are losing weight with a simple and SECRET "liquid hack" to drop 2 lbs each and every night while they sleep.

It is very easy and it works with everybody.

You can do it yourself by following these easy steps:

1) Take a glass and fill it up half glass

2) And then learn this weight loss hack

you'll become 2 lbs skinnier when you wake up!

Blog27999 mengatakan...

Do you understand there is a 12 word sentence you can say to your partner... that will trigger intense feelings of love and instinctual appeal to you deep inside his chest?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, look after and guard you with all his heart...

12 Words That Trigger A Man's Love Impulse

This instinct is so built-in to a man's genetics that it will drive him to try harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.

In fact, triggering this dominant instinct is absolutely essential to getting the best possible relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...

...You'll instantly find him open his mind and soul for you in a way he never experienced before and he will distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.

Blog27999 mengatakan...

If you're attempting to burn fat then you need to start following this totally brand new custom keto plan.

To design this service, licensed nutritionists, fitness couches, and professional cooks united to provide keto meal plans that are productive, suitable, economically-efficient, and delightful.

Since their first launch in early 2019, thousands of individuals have already transformed their body and well-being with the benefits a great keto plan can offer.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones given by the keto plan.

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)