Kamis, 19 Juni 2014

Membuat Robot Light Follower


Light Follower merupakan robot yang bergerak otonom mengikuti cahaya yang diarahkan kebagian sensor pada rangkaiannya. Sensor akan mendeteksi besar-kecilnya intensitas cahaya yang diterimanya, kemudian diteruskan kebagian selanjutnya (transistor) untuk diolah dan menentukan tindakan yang akan dilakukan. Sistem penggerak pada robot light follower ini menggunakan motor DC untuk menggerakkan roda yang akan menjalankan robot sesuai dengan arah cahaya yang diterima oleh sensornya.


Sensor yang digunakan sebagai pendeteksi atau peneriman (receiver) cahaya pada robot light follower berupa sensor cahaya seperti LDR, photodioda, phototransistor, dll. Dan untuk robot light follower yang saya buat menggunakan photodioda sebagai sensornya.

Sensor photodioda ini nilai resistansinya akan berkurang bila terkena cahaya dan bekerja pada kondisi reverse bias.

  • Jika photodioda terkena cahaya, maka nilai resistansinya akan menjadi kecil dan photodioda akan bersifat sebagai sumber tegangan. Sehingga akan ada arus yang mengalir ke transistor dan berlogika 1.
  • Jika photodioda tidak terkena cahaya, maka nilai resistansinya akan besar atau dapat kita asumsikan tak hingga. Sehingga arus yang mengalir pada transistor sangat kecil dan berlogika 0.
Rangkaian dari Robot Light Follower ditunjukkan pada gambar berikut.
Ini merupakan rangkaian dasarnya robot light follower. 
Dari rangkaian dasar ini dapat kita kembangkan 
sesuai dengan keinginan dan kreatifitas.

Ini merupakan rangkaian pengembangan dari rangkaian
dasar di atas. Saya menambahkan beberapa komponen
sesuai dengan yang saya inginkan agar lebih menarik.

Prinsip kerja Robot Light Follower
Ketika ada cahaya yang diterima oleh sensor (photododa), arus akan mengalir dari photodioda menuju basis transistor. Jika ada arus yang mengalir dari basis menuju emitor maka akan ada arus yang mengalir dari kolektor menuju emitor. Pada saat itulah terjadi switching transistor yang akan mengaktifkan motor. Arus akan putus-nyambung pada kaki kolektor transistor yang terhubung pada relay/motor sesuai dengan cahaya yang diterima sensor.

Pada saat kaki kolektor berlogika 1, maka motor akan berputar dan menggerakkan roda yang akan menjalankan robot. Sebaliknya ketika kaki kolektor berlogika 0, maka motor tidak aktif atau tidak berputar sehingga roda tidak berjalan.

Pada rangkaian yang saya buat diatas, saya menggunakan IC UM66. UM66 adalah sebuah IC melody, yang artinya dapat menghasilkan output berupa musik melody melalui buzzer. Karena pemasangannya diparalel dengan motor, maka IC UM66 akan bekerja pada saat motor aktif atau dalam keadaan robot berjalan. Terlihat lebih menarik pada saat robot berjalan dan menghasilkan musik melody....

Berikut video Robot Light Follower:

Lampiran Foto:
(Finishing)

(Uji Coba)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengisi Buku Tamu :)